Sabtu, 08 Februari 2014

Isi Skripsi/Disertasi


Bagian inti tesis atau disertasi memuat hal sebagai berikut:

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
      Latar belakang permasalahan berisi uraian tentang apa yang menjadi masalah penelitian, alasan mengapa masalah itu penting dan perlu diteliti. Masalah tersebut harus didukung oleh fakta empiris (pemikiran induktif) sehingga jelas, memang ada masalah yang diteliti. Juga harus ditunjukkan letak masalah yang akan diteliti dalam konteks teori (pemikiran deduktif) dengan permasalahan yang lebih luas, serta peranan penelitian tersebut dalam pemecahan permasalahan yang lebih luas.
1.2.  Rumusan Masalah
      Rumusan masalah adalah rumusan secara konkrit masalah yang ada, dalam bentuk pertanyaan penelitian yang dilandasi oleh pemikiran teoritis yang kebenarannya perlu dibuktikan untuk yang hipotetik.
1.3.  Tujuan
     Bagian ini mengemukakan tujuan yang ingin dicapai melalui proses penelitian. Tujuan penelitian harus jelas dan tegas. Tujuan penelitian harus dibagi menjad : (1) Tujuan umum dan (2) Tujuan khusus.

     1. Tujuan umum
Tujuan umum merupakan tujuan penelitian secara keseluruhan yang ingin dicapai melalui penelitian.

     2. Tujuan khusus
Tujuan khusus merupakan penjabaran atas pentahapan tujuan umum, sifatnya lebih operasional dan spesifik. Bila semua tujuan khusus tercapai, maka tujuan umum penelitian juga terpenuhi.
1.4.  Manfaat
     Bagian ini berisi uraian tentang temuan baru yang dihasilkan dan manfaat temuan penelitian tersebut bagi perkembangan ilmu pengetahuan, yang dapat dimanfaatkan oleh ilmuwan lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dan akhirnya untuk kesejahteraan umat manusia.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

      Tinjauan pustaka memuat uraian yang sistematik tentang teori dasar yang relevan, fakta, hasil penelitian sebelumnya, yang berasal dari pustaka mutakhir yang memuat teori, proposisi, konsep atau pendekatan terbaru yang  ada hubungannya dengan penelitian yang dilakukan. Teori dan fakta yang digunakan seharusnya diambil dari sumbe primer. Mencantumkan nama sumbernya. Tata cara penulisan kepustakaan harus sesuai dengan ketentuan pada panduan yang digunakan.

BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN

3.1 Kerangka Konseptual Penelitian
Kerangka konseptual disintesis, diabstraksi, dan diekstrapolasi dari berbagai teori dan pemikiran ilmiah, mencerminkan paradigma sekaligus tuntunan untuk memecahkan masalah penelitian dan merumuskan hipotesis. Kerangka konseptual penelitian dapat berbentuk bagan, model matematik, atau persamaan fungsional, yang dilengkapi dengan uraian kualitatif.
3.2 Hipotesis
Hipotesis merupakan proposisi keilmuan yang dilandasi oleh kerangka konseptual penelitian dengan penalaran deduksi dan merupakan jawaban sementara secara teoritis terhadap permasalahan yang dihadapi, yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan fakta empiris.

BAB 4 MATERI DAN METODE PENELITIAN

Format bab metode penelitian untuk penelitian kualitatif menyesuaikan dengan kaidah metode kualitatif. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif, bab metode penelitian secara rinci memuat hal berikut :
4.1 Jenis/Rancangan penelitian yang digunakan
4.2 Populasi, besar sample (sample size), dan teknik pengambilan sample
4.3 Variabel penelitian meliputi klasifikasi variabel dan definisi operasional variabel.
4.4 Bahan penelitian terutama untuk penelitian percobaan

Berisi uraian mengenai macam, spesifikasi bahan penelitian yang digunakan. Bahan adalah segala sesuatu yang dikenai perlakuan atau dipakai untuk perlakuan.
4.5 Instrumen penelitian
Bagian ini berisi uraian tentang macam spesifikasi instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data. Perlu disertai uraian tentang reabilitas dan validitasnya, serta pembenaran atau alasan menggunakan instrumen tersebut.
4.6 Lokasi dan waktu penelitian
4.7 Prosedur pengambilan atau pengumpulan data

Bagian ini memuat uraian tentang cara dan prosedur pengumpulan data secara rinci. Bila pengumpulan data dilakuakan oleh orang lain perlu dijelaskan langkah yang ditempuh oleh peneliti dalam menjamin reliabilitas dan validitas data yang diperoleh.
4.8 Cara pengolahan dan analilsa data
Bagian ini berisi uraian tentang cara yang digunakan dalam pengolahan data dan analisis data disertai pembenaran atau alasan penggunaan cara analisis tersebut, termasuk penggunaan statistik.

BAB 5 HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN

5.1 Data Penelitian
Bagian ini memuat data penelitian yang relevan dengan tujuan dan hipotesisnya. Penyajian data hasil penelitian dapat berupa tabel, grafik, gambar, bagan, foto atau bentuk penyajian data yang lain. Tata cara penyajian tabel, grafik, gambar, bagan, foto harus sesuai dengan ketentuan.
Catatan :
Format Bab 5 ( Hasil Dan Analisis Penelitian ) dan Bab 6 ( Pembahasan ) dapat ditulis dengan menggunakan model buku teks ilmiah.
5.2 Analisis dan Hasil Penelitian
Bagian ini memuat data penelitian. Jika digunakan analisis statistik hanya dimuat tampilan akhir yang menunjukkan hasilnya, sedangkan perhitungan statistik dimuat sebagai lampiran.

BAB 6 PEMBAHASAN

Bagian ini merupakan bagian terpenting pada tesis atau disertasi. Bagian ini menunjukkan tingkat penguasaan penelitian terhadap perkembangan ilmu, paradigma, konsep, dan teori, yang dipadukan dengan hasil penelitian. Pembahasan sekurang-kurangnya mencakup hal sebagai berikut :
1. Penalaran hasil penelitian baik secara teoritis, empiris maupun non empiris, sehingga dapat menjawab dengan menjelaskan rumusan masalah yang diajukan.
2. Perpaduan temuan penelitian dengan hasil penelitian sebelumnya dan konsekuensi serta pengembangannya di masa yang akan datang.
3. Perumusan teori baru yang dihasilkan dari penelitian (khususnya untuk disertasi).
4. Pemahaman terhadap keterbatasan penelitian yang dilakukan sehingga dapat memberikan saran bagi penelitian selanjutnya.

BAB 7 PENUTUP

7.1 Kesimpulan
Kesimpulan merupakan sintesis dari pembahasan, sekurang-kurangnya terdiri atas (1) jawaban terhadap rumusan masalah dan tujuan penelitian; (2) hal baru yang ditemukan dan prospek temuan; (3) pemaknaan teoritik dari hal baru yang ditemukan.
7.2 Saran
Saran merupakan implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan praktis. Sekurang-kurangnya memberi saran bagi penelitian selanjutnya, sebagai hasil pemikiran penelitian atas keterbatasan penelitian yang dilakukan.
C.   Keterbatasan Penelitian
         Dalam melakukan penelitian masih terdapat berbagai kelemahan dan kekurangan, walaupun penulis telah berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai usaha untuk membuat hasil penelitian ini bisa menjadi sempurna. Penulis menyadari bahwa keterbatasan penelitian ini adalah pelaksanaan penelitian hanya dilakukan pada dua sekolah SMA karena SMA di Kecamatan Pulau Sebuku cuma ada dua, sehingga hasil penelitian ini perlu di uji lapangan lagi pada tahap yang lebih luas.
F.      Manfaat Penelitian
         Manfaat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana nanti bermanfaatnya penelitian yang di lakukan. Secara umum ada dua manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini. Pertama manfaat praktik yang memberikan dampak langsung pada pembelajaran, dalam arti manfaat ini untuk jangka pendek. Kedua, adalah manfaat teoretik yang memiliki akses jangka panjang dalam dunia pendidikan.
         Sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan tehnik proporsional random sampling. Proporsional digunakan untuk menentukan banyaknya sampel secara merata pada tiap-tiap kelas. Sedangkan random sampling adalah pengambilan sampel dengan cara mengacak jumlah sampel yang ada yaitu dengan cara diundi. Sampel seluruhnya sebanyak 150 siswa tersebar secara proporsional dalam 8 kelas. Untuk menentukan persentase sampel tiap kelas digunakan rumus presentase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar