Bagian inti tesis atau disertasi memuat hal sebagai berikut:
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Latar
belakang permasalahan berisi uraian tentang apa yang menjadi masalah
penelitian, alasan mengapa masalah itu penting dan perlu diteliti. Masalah
tersebut harus didukung oleh fakta empiris (pemikiran induktif) sehingga jelas,
memang ada masalah yang diteliti. Juga harus ditunjukkan letak masalah yang
akan diteliti dalam konteks teori (pemikiran deduktif) dengan permasalahan yang
lebih luas, serta peranan penelitian tersebut dalam pemecahan permasalahan yang
lebih luas.
1.2. Rumusan Masalah
Rumusan
masalah adalah rumusan secara konkrit masalah yang ada, dalam bentuk pertanyaan
penelitian yang dilandasi oleh pemikiran teoritis yang kebenarannya perlu
dibuktikan untuk yang hipotetik.
1.3. Tujuan
Bagian
ini mengemukakan tujuan yang ingin dicapai melalui proses penelitian. Tujuan
penelitian harus jelas dan tegas. Tujuan penelitian harus dibagi menjad : (1)
Tujuan umum dan (2) Tujuan khusus.
1. Tujuan umum
1. Tujuan umum
Tujuan umum merupakan tujuan penelitian secara
keseluruhan yang ingin dicapai melalui penelitian.
Tujuan khusus merupakan penjabaran atas pentahapan tujuan umum, sifatnya lebih operasional dan spesifik. Bila semua tujuan khusus tercapai, maka tujuan umum penelitian juga terpenuhi.
1.4. Manfaat
Bagian
ini berisi uraian tentang temuan baru yang dihasilkan dan manfaat temuan penelitian
tersebut bagi perkembangan ilmu pengetahuan, yang dapat dimanfaatkan oleh
ilmuwan lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS)
dan akhirnya untuk kesejahteraan umat manusia.
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan
pustaka memuat uraian yang sistematik tentang teori dasar yang relevan, fakta,
hasil penelitian sebelumnya, yang berasal dari pustaka mutakhir yang memuat
teori, proposisi, konsep atau pendekatan terbaru yang ada hubungannya
dengan penelitian yang dilakukan. Teori dan fakta yang digunakan seharusnya diambil dari sumbe primer.
Mencantumkan nama sumbernya. Tata cara penulisan kepustakaan harus sesuai
dengan ketentuan pada panduan yang digunakan.
BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN
3.1 Kerangka Konseptual Penelitian
Kerangka konseptual disintesis, diabstraksi, dan
diekstrapolasi dari berbagai teori dan pemikiran ilmiah, mencerminkan paradigma
sekaligus tuntunan untuk memecahkan masalah penelitian dan merumuskan
hipotesis. Kerangka konseptual penelitian dapat berbentuk bagan, model
matematik, atau persamaan fungsional, yang dilengkapi dengan uraian kualitatif.
3.2 Hipotesis
Hipotesis merupakan proposisi keilmuan yang
dilandasi oleh kerangka konseptual penelitian dengan penalaran deduksi dan
merupakan jawaban sementara secara teoritis terhadap permasalahan yang
dihadapi, yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan fakta empiris.
BAB 4 MATERI DAN METODE PENELITIAN
Format bab metode penelitian untuk penelitian kualitatif menyesuaikan dengan kaidah metode kualitatif. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif, bab metode penelitian secara rinci memuat hal berikut :4.1 Jenis/Rancangan penelitian yang digunakan
4.2 Populasi, besar sample (sample size), dan teknik pengambilan sample
4.3 Variabel penelitian meliputi klasifikasi variabel dan definisi operasional variabel.
4.4 Bahan penelitian terutama untuk penelitian percobaan
Berisi uraian
mengenai macam, spesifikasi bahan penelitian yang digunakan. Bahan adalah
segala sesuatu yang dikenai perlakuan atau dipakai untuk perlakuan.
4.5 Instrumen penelitian
Bagian ini berisi uraian tentang macam
spesifikasi instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data. Perlu disertai
uraian tentang reabilitas dan validitasnya, serta pembenaran atau alasan
menggunakan instrumen tersebut.
4.6 Lokasi dan waktu penelitian4.7 Prosedur pengambilan atau pengumpulan data
Bagian ini
memuat uraian tentang cara dan prosedur pengumpulan data secara rinci. Bila
pengumpulan data dilakuakan oleh orang lain perlu dijelaskan langkah yang
ditempuh oleh peneliti dalam menjamin reliabilitas dan validitas data yang
diperoleh.
4.8 Cara pengolahan dan analilsa
data
Bagian ini
berisi uraian tentang cara yang digunakan dalam pengolahan data dan analisis
data disertai pembenaran atau alasan penggunaan cara analisis tersebut,
termasuk penggunaan statistik.
BAB 5 HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN
5.1 Data PenelitianBagian ini memuat data penelitian yang relevan dengan tujuan dan hipotesisnya. Penyajian data hasil penelitian dapat berupa tabel, grafik, gambar, bagan, foto atau bentuk penyajian data yang lain. Tata cara penyajian tabel, grafik, gambar, bagan, foto harus sesuai dengan ketentuan.
Catatan :
Format Bab 5 ( Hasil Dan Analisis Penelitian ) dan Bab 6 ( Pembahasan ) dapat ditulis dengan menggunakan model buku teks ilmiah.
5.2 Analisis dan Hasil Penelitian
Bagian ini memuat data penelitian. Jika digunakan analisis statistik hanya dimuat tampilan akhir yang menunjukkan hasilnya, sedangkan perhitungan statistik dimuat sebagai lampiran.
BAB 6 PEMBAHASAN
Bagian ini merupakan bagian terpenting pada tesis atau disertasi. Bagian ini menunjukkan tingkat penguasaan penelitian terhadap perkembangan ilmu, paradigma, konsep, dan teori, yang dipadukan dengan hasil penelitian. Pembahasan sekurang-kurangnya mencakup hal sebagai berikut :1. Penalaran hasil penelitian baik secara teoritis, empiris maupun non empiris, sehingga dapat menjawab dengan menjelaskan rumusan masalah yang diajukan.
2. Perpaduan temuan penelitian dengan hasil penelitian sebelumnya dan konsekuensi serta pengembangannya di masa yang akan datang.
3. Perumusan teori baru yang dihasilkan dari penelitian (khususnya untuk disertasi).
4. Pemahaman terhadap keterbatasan penelitian yang dilakukan sehingga dapat memberikan saran bagi penelitian selanjutnya.
BAB 7 PENUTUP
7.1 KesimpulanKesimpulan merupakan sintesis dari pembahasan, sekurang-kurangnya terdiri atas (1) jawaban terhadap rumusan masalah dan tujuan penelitian; (2) hal baru yang ditemukan dan prospek temuan; (3) pemaknaan teoritik dari hal baru yang ditemukan.
7.2 Saran
Saran merupakan implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan penggunaan praktis. Sekurang-kurangnya memberi saran bagi penelitian selanjutnya, sebagai hasil pemikiran penelitian atas keterbatasan penelitian yang dilakukan.
C.
Keterbatasan Penelitian
Dalam
melakukan penelitian masih terdapat berbagai kelemahan dan kekurangan, walaupun
penulis telah berupaya semaksimal mungkin dengan berbagai usaha untuk membuat
hasil penelitian ini bisa menjadi sempurna. Penulis menyadari bahwa keterbatasan
penelitian ini adalah pelaksanaan penelitian hanya dilakukan pada dua sekolah
SMA karena SMA di Kecamatan Pulau Sebuku cuma ada dua, sehingga hasil
penelitian ini perlu di uji lapangan lagi pada tahap yang lebih luas.
F. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana nanti
bermanfaatnya penelitian yang di lakukan. Secara umum ada dua manfaat yang
diharapkan dalam penelitian ini. Pertama manfaat praktik yang memberikan dampak
langsung pada pembelajaran, dalam arti manfaat ini untuk jangka pendek. Kedua,
adalah manfaat teoretik yang memiliki akses jangka panjang dalam dunia
pendidikan.
Sedangkan
untuk pengambilan sampel menggunakan tehnik proporsional random sampling.
Proporsional digunakan untuk menentukan banyaknya sampel secara merata pada
tiap-tiap kelas. Sedangkan random sampling adalah pengambilan sampel dengan
cara mengacak jumlah sampel yang ada yaitu dengan cara diundi. Sampel seluruhnya sebanyak 150 siswa
tersebar secara proporsional dalam 8 kelas. Untuk menentukan persentase sampel
tiap kelas digunakan rumus presentase.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar